Selasa, 27 Juli 2010

Jelang Puasa, Awas Daging Oplosan!

BOGOR (Pos Kota) - Jelang Ramadhan dan Lebaran disinyalir sejumlah pasar akan menjual daging oplosan. Selain itu, bakal adanya jor-joran kenaikan harga sembako. Mengantisipasi itu, Diskoperindag, Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) serta Peternakan dan Perikanan (Disnakan) terjun memantau sejumlah pasar.

Bahkan Disnakan Kabupaten Bogor membentuk tim mengecek fitlot (tempat penggemukan sapi impor-red) dan kol storit (gudang pembekuan,-red) di Kecamatan Cileungsi, Rumpin, Ciawi, Babakanmadang dan Jonggol.

Di lokasi, petugas memeriksa kesegaran daging hewan atau yang sedang digemukkan, apakah ada unsur oplosan atau tidak. “Kita akan memperketat peredarannya. Sementara ini, belum ada laporan adanya daging oplosan atau yang ditengarai berpenyakit menular,” kata Kabid Keswankan Disnakan Kabupaten Bogor Rumilah, Selasa.

Sedangkan soal pantauan pasar dia menjelaskan, pihaknya sudah mengirim anggotanya bergabung dengan Diskoperindagkop, mengecek kondisi pasar terkait stok serta harga sembako jelang Ramadan dan Lebaran. “Kerjasama dengan tim gabungan sudah dimulai sejak awal Juni lalu,” tandasnya.

Sementara, H Muzafar, penjual daging di Pasar Cibinong mengatakan, harga daging sapi jelang puasa diperkirakan naik. Saat ini, Rp 58 ribu per Kg, sebelunya hanya Rp 51.000 per Kg. Jika bulan puasa saya perkirakan harganya Rp 65.000 Kg-Rp70.00 per Kg,” katanya.

Kendati sembako di pasaran terus merangkak naik, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) belum juga melakukan operasi pasar (OP). Disperindagkop enggan melaksanakan OP karena khawatir rugi.

“Kenaikannya baru sebatas lima hingga tujuh persen, tak perlu kita OP,” ungkap Kadisperindagkop Kabupaten Bogor Udin Syamsudin.

Penolakan serupa dilontarkan, Kabid Perdagangan Disperindagkop Kota Bogor Mangahit Sinaga yang tak menampik beberapa barang mengalami kenaikan cukup signifikan. Seperti, kacang serta beras yang mencapai 8,7 persen. Namun, apabila sudah ada yang sampai 15 persen, dipastikan pihaknya akan melakukan OP. (iwan/B)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar